Visi dan Misi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

Sistem Informasi Manajemen Rumah SakitKini pemanfaatan teknologi informasi sangat penting untuk setiap rumah sakit (RS). SIMRS atau sering disebut sebagai Hospital Management System (HMS) atau juga Hospital Information System (HIS) ialah prosedur pemrosesan data berdasarkan teknologi informasi dan juga diintegrasikan dengan prosedur manual serta prosedur yang lain untuk bisa menghasilkan informasi yang tepat waktu serta efektif, yang bertujuan untuk mendukung proses pengambilan keputusan manajemen di suatu rumah sakit. Kini Sistem Informasi Manajemen menjadi sumber daya utama, yang memiliki nilai strategis dan mempunyai peran penting bagi Rumah Sakit supaya bisa memberikan layanan terbaiknya

Sistem Informasi Manajemen RS (SIMRS) yang baik bisa memberikan banyak manfaat untuk setiap rumah sakit, diantaranya bisa digunakan untuk melakukan pengelolaan sistem manajemen RS yang terpadu serta terkontrol dan  bisa memberikan jawaban terhadap tuntutan kualitas layanan Rumah Sakit.

Disamping itu, Teknologi informasi diharapkan dapat memberikan solusi-solusi terhadap masalah kerumitan birokrasi dan juga transparansi, dan juga untuk meningkatkan produktivitas serts kualitas layanan dalam hal efektivitas, efisiensi, fleksibilitas dan juga kecepatan. Dengan demikian, bisa tercipta terciptanya manajemen operasional RS yang bersih, akuntabel dan juga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat beserta stakeholder-nya

Lantas apa sebenarnya tujuan dari Aplikasi SIMRS? Berikut beberapa diantaranya:

  1. Membantu mewujudkan visi serta misi Rumah Sakit
  2. Meningkatkan nilai jual dari Rumah Sakit di masyarakat sebagai Rumah Sakitt yang selalu mengedepankan pelayanan
  3. Mensosialisasikan serta meningkatkan kemampuan sumber daya manusia dari Rumah Sakit dalam mengoperasikan teknologi informasi.
  4. Meningkatkan kinerja dari suatu Rumah Sakit menjadi lebih efisien dan juga efektif.
  5. Manajemen pengelolaan data menjadi informasi yang bisa dilakukan dengan cepat dan tepat untuk kepentingan User, Manajemen ataupun kepentingan Pemerintah
  6. Meningkatkan mutu serta mempercepat proses pelayanan suatu Rumah Sakit
  7. Meningkatkan loyalitas dan juga kebanggaan karyawan terhadap Rumah Sakit tempat mereka mengabdi
  8. Mengurangi kesalahan-kesalahan yang munkin terjadi karena faktor manusia
  9. Membangun dan juga mengembangkan infrastruktur teknologi informasi
  10. Menghilangkan permasalahan terkait dengan redudansi data
  11. Menghilangkan permasalahan dari ketidakkonsistenan data
  12. Pemetaan desain sistem informasi sesuai kebutuhan informasi pada saat ini dan juga masa yang akan datang

Didalam mewujudkan visi dan misi SIMRS tersebut diatas secara optimal, maka Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit harus dapat diintegrasikan dengan berabagai program pemerintah dan juga pemerintah daerah. Manfaat dari SIMRS juga dapat terwujud karena SIMRS mempunyai kemampuan komunikasi data atau interoperabilitas. Yaitu antara Sistem Informasi Manajemen serta Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK BMN), Indonesia Case Base Group’s (INACBG’s), Pelaporan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS),  dan juga aplikasi lain yang dikembangkan Pemerintah, serta sistem informasi manajemen fasilitas pelayanan kesehatan lain.

Baca Juga: Inilah Pengoptimalan BOR (Bed Occupation Rate) Rawat Inap

Dengan kecepatan layanan yang diberikan  dengan dukungan oleh hal-hal diatas, maka manfaat SIMRS bukan hanya berdampak positif untuk RS namun juga untuk pasien serta masyarakat secara umum. Menkes juga telah mengatur arsitektur SIMRS yang bertujuan untuk mengoptimalkan manfaat SIMRS. Yaitu arsitektur setidaknya terdiri atas kegiatan administratif atau back office, kegiatan pelayanan utama atau front office, dan juga komunikasi serta kolaborasi.

PT Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit serta klinik yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman. Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:

  1. Berbasis Web
  2. Sistem Notifikasi User
  3. E-mail System
  4. Radiologi
  5. Laboratorium
  6. Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
  7. ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
  8. Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
  9. Laporan RL
  10. Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
  11. Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
  12. PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
  13. E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
  14. Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan

Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit dan Klinik!