Uraian Tugas Fungsi dan Tanggung Jawab Kepala SIMRS

SIMRS – Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit atau yang disingkat dengan SIM – RS merupakan sistem komputerisasi yang memproses dan juga mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan ke dalam bentuk jaringan koordinasi, pelaporan serta prosedur administrasi untuk mendapatkan informasi secara tepat, cepat dan akurat.

Instalasi dari SIMRS melayani 2 kegiatan pokok, yakni dalam pelayanan terhadap pelanggan internal yang merupakan pegawai di unit kerja di Rumah Sakit yang berupa penanganan hardware, jaringan, software, penanganan printer dan juga backup data serta pelayanan terhadap pelanggan eksternal, yakni kepada publik dengan memberikan informasi pada masyarakat melalui sistem dan juga aplikasi yang dibuat oleh SIMRS.

Tata Organisasi SIMRS

1. Pasal 1

Dalam melaksanakan kegiatan SIMRS dan IT, maka perlu dibentuk dan juga ditetapkan Unit SIMRS, yang ada dalam pengawasan Kepala Sub Bagian Umum (dapat di tempat lain dalam SOTK sesuai dengan Rumah Sakit masing-masing).

2. Pasal 2

Struktur Organisasi, Tugas, Wewenang dan juga Tanggung jawab; Kepala serta Staf Unit SIMRS dan IT diatur dan juga ditetapkan didalam pedoman Organisasi Unit SIMRS.

Uraian Tugas dan Tanggung Jawab Kepala SIMRS

Uraian Tugas Kepala Instalasi SIMRS:

  1. Kepala instalasi merupakan manajer yang mempunyai pengalaman lebih dibidang teknologi dan juga informasi.
  2. Bertanggung jawab terhadap semua hasil kerja tim.
  3. Memiliki kemampuan dan juga pengalaman untuk memimpin serta harus berperan aktif didalam mengorganisir anggota tim.
  4. Bertanggung jawab terhadap hasil kerja masing-masing anggota tim sesuai bidang keahliannya.
  5. Menjalin koordinasi serta kerjasama yang baik dengan manajemen RS, narasumber lain, dan juga tim Pengarah.

Wewenang Kepala Instalasi SIMRS:

  1. Bersama dengan manajemen memberikan penilaian yang diperoleh dari hasil evaluasi seluruh kajian dan juga rancangan sistem.
  2. Merupakan anggota dari tim perancang sistem.
  3. Mengkaji hasil akhir dari sistem.
  4. Bersama dengan tim pendukung dokumentasi membuat laporan-laporan yang berguna untuk kepentingan PPA (Profesional Pemberi Asuhan), manajemen, dan juga pihak luar RS.
  5. Bersama dengan tim pendukung dokumentasi memiliki wewenang untuk membuat dokumen rancangan.

Baca Juga: Aplikasi Rumah Sakit yang Bisa Mendukung Pelayanan RS Semakin Canggih dan Efisien

Tanggung Jawab Kepala Instalasi SIMRS:

  1. Melakukan koleksi pada kebutuhan proses manajemen pengelolaan SIM
  2. Melakukan identifikasi, estimasi dan juga evaluasi terhadap proses manajemen
  3. Merancang kerangka dan juga proses manajemen pengelolaan SIM secara makro
  4. Membangun flow dan juga diagram terkait dengan manajemen pengelolaan SIM
  5. Melakukan identifikasi, estimasi serta evaluasi.
  6. Membuat laporan hasil kajian dan juga perancang proses manajemen dalam kerangka membangun Sistem Informasi Manajemen
  7. Bertanggung jawab terhadap kegiatan pembangunan flow dan juga diagram manajemen
  8. Mengumpulkan, data-data dari Tenaga Riset yang didapatkan dari kunjungan lapangan serta informasi dari hasil diskusi
  9. Memberikan masukan serta mengidentifikasi terkait dengan kebijaksanaan pengembangan dan juga implementasi sistem serta kinerja sistem.
  10. Merancang kerangka sistem dan juga makro sistem
  11. Membuat laporan hasil operasional kajian dan juga perancang sistem didalam membangun system.
  12. Membangun sistem flow dan juga algoritma sistem
  13. Bertanggung jawab terhadap kegiatan pembangunan program
  14. Mengorganisasi kerja dari tim programmer, mengontrol dan juga mengawasi kinerja dari programmer.

PT Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit serta klinik yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman. Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:

  1. Berbasis Web
  2. Sistem Notifikasi User
  3. E-mail System
  4. Radiologi
  5. Laboratorium
  6. Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
  7. ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
  8. Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
  9. Laporan RL
  10. Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
  11. Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
  12. PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
  13. E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
  14. Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan

Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit dan Klinik!