Sudah Tahukah Anda Apa Saja Tugas Struktur Organisasi SIMRS?

Sistem Manajemen Rumah Sakit – Di era globalisasi, memang tidak bisa di pungkiri kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat bermanfaat didalam membantu kegiatan dan juga aktivitas. Hal ini pun akan berdampak pada perusahaan dan juga instasi pemerintah dalam menggunakan teknologi baik dalam struktur organisasi, proses bisnis ataupun pada kebijakan lainnya. Kemajuan teknologi memang sudah banyak membantu kehidupan manusia dalam berbagai sektor salah satunya pada sektor kesehatan. Dan penggunaan dari sistem informasi rumah sakit adalah penerapan teknologi pada sektor kesehatan. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ini juga biasa dikenal dengan nama SIMRS.

Kehadiran dari sistem informasi rumah sakit adalah berperan dalam meningkatkan mutu pelayanan medis dari sebuah rumah sakit, puskesmas ataupun klinik. Peningkatan mutu pelayanan medis memang tidak bisa terlepas dari kesediaan fasilitas pelayanan kesehatan didalam menerapkan sistem informasi kesehatan. Sistem tersebut bisa digunakan untuk mempermudah sekaligus untuk mempercepat pengorganisasian dan juga pelayanan yang didalamnya memuat berbagai macam jenis data klinis atau medis.

Tugas Struktur Organisasi SIMRS

Berikut Tugas dari Struktur Organisasi SIMRS yang perlu Anda ketahui:

INSTALASI SIM-RS, uraian tugasnya:

  • Melakukan konfirmasi system ketika SIM-RS akan dibuat.
  • Mengoptimalkan dan memfasilitasi input data diseluruh ruangan baik itu IGD, Instalasi Rawat Inap.
  • Memfasilitasi prin-out data yang sudah diinputkan melalui komputer.
  • Memfasilitasi kebutuhan ATK di Inap, IRJ dan IGD.
  • Melakukan training terhadap pada petugas yang akan melaksanakan input data
  • Mengatur tempat dan juga jadwal dinas seluruh operator billing dan lain sebagainya.

ENTRY DATA REGISTRASI, uraian tugasnya:

  • Melakukan proses pendaftaran pasien sesuai dengan instalasinya masing-masing secara lengkap.
  • Mengisikan tujuan dari berobat (Instalasi Rawat Inap ataupun Rawat Jalan), prosedur masuk, cara masuk dan juga cara bayar.
  • Melakukan pengubahan data registrasi masuk pasien apabila terjadi kesalahan di data komputer.
  • Menyiapkan kelengkapan administrasi terkait masuk pasien.
  • Melihat kelengkapan administrasi bagi pasien Askeskin, Askes, dan juga IKS apakah kartu atau identitasnya masih berlaku dan lain sebagainya.
  • Mengumpulkan dan juga mencocokkan jumlah kartu kendali dengan pasien yang ada dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mengenal Tahapan Alur Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit

PETUGAS VERIFIKASI, tugasnya:

  • Memeriksa tagihan pasien yang telah masuk dgn Inap, IGD, Instalasi berpedoman pada kartu Rawat Jalan dan juga kendali yang diisi perawat.
  • Menambah atau mengurangi tindakan apabila ada yang melakukan rawat Inap, IGD.
  • Memeriksa setiap item tindakan terhadap kesesuaian dengan tarif yang tengah berlaku.

SEKRETARIS, uraian tugasnya:

  • Mengagendakan serta menyimpan setiap surat ataupun dokumen yang masuk dan keluar Instalasi
  • Melaksanakan administrasi Instalasi (membuat surat, rekap absensi, dan lain sebagainya)
  • Membuat schedule kegiatan Instalasi per bulan dan lain sebagainya.

FASARLOG, uraian tugasnya:

  • Inventaris seluruh peralatan dan juga barang ATK yang ada.
  • Merencanakan pengadaan peralatan serta barang ATK setiap tahun anggaran
  • Membuat rekap penggunaan barang ATK yang akan dijadikan sebagai dasar perhitungan untuk pengadaan di tahun berikutnya.

Selain itu, terdapat pula PJ. SDM & LITBANG, PJ. hardware, PJ.software, KA. tim pelaksana operator komputer dan juga KA. tim administrasi tagihan.

PT Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit serta klinik yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman. Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:

  1. Berbasis Web
  2. Sistem Notifikasi User
  3. E-mail System
  4. Radiologi
  5. Laboratorium
  6. Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
  7. ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
  8. Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
  9. Laporan RL
  10. Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
  11. Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
  12. PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imagingand Communications in Medicine) – DCM4CHEE
  13. E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
  14. Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan

Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh program ini, kehadiran sistem informasi rumah sakit adalah pastinya untuk membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit dan Klinik!