SIMRS – Sudah menjadi sebuah keharusan bahwa manajemen Rumah Sakit membutuhkan informasi yang akurat, aman, bisa diandalkan, terkini, dan relevan baik dari segi administrasi maupun segi klinis. Maka dari itu, keberadaan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit atau yang biasa juga dikenal dengan SIMRS yang telah terintegrasi menjadi sangat penting penerapannya.
Tentu saja manajemen Instalasi Gawat Darurat pada sebuah rumah sakit sangatlah penting adanya. Sebab IGD adalah layanan yang disediakan oleh rumah sakit untuk keperluan pasien yang memerlukan penanganan darurat dengan cepat. Dan juga menjadi tujuan pertama para pasien yang mempunyai keadaan darurat serta memerlukan pelayanan dengan segera.
Sehingga, tidak diragukan lagi bahwa manajemen IGD sangatlah penting. Ini karena Instalasi Gawat Darurat merupakan salah satu bagian dari rumah sakit yang menyediakan penanganan paling awal bagi pasien yang menderita cedera dan sakit. Selain itu, juga para pasien dengan keadaan yang sedang mengancam keberlangsungan hidupnya.
Untuk itu dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, maka manajemen Instalasi Gawat Darurat bisa bekerja dengan lebih efisien dan efektif lagi. Kelancaran dari pelayanan pada sebuah IGD tidak lepas dari pekerjaan tenaga medis sekaligus sistem informasi manajemen yang telah terintegrasi dengan berbagai komponen rumah sakit yang lainnya.
Masih seringkali ditemui pasien terlambat mendapatkan pertolongan cepat di IGD akibat harus pergi ke sana kemari. Dan hal ini dikarenakan rumah sakit belum mempunyai sistem informasi manajemen yang terintegrasi. Hal tersebut tentu saja memiliki risiko besar atas keselamatan pasien, juga tidak menutup kemungkinan akan memperburuk citra rumah sakit itu sendiri.
Sehingga, inilah alasan mengapa Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit memberikan solusi untuk memaksimalkan layanan rawat darurat yang lebih efektif dan efisien. Nantinya pasien bisa mendapatkan pelayanan dengan tepat dan cepat. Dengan memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dari pihak terpercaya, pasti akan mempunyai modul IGD yang bisa memberikan peluang lebih banyak kepada pasien untuk memperoleh pertolongan.
Dengan adanya modul rawat darurat, maka dijamin semua kegiatan yang dilakukan oleh tim rumah sakit pada IGD-nya akan termonitor dan tercatat dengan baik. Berikut ini adalah beberapa fitur yang akan menunjang pekerjaan Di Instalasi Gawat Darurat ketika menerapkan SIMRS, antara lain:
SIMRS yang Bisa Digunakan untuk Melihat Rekam Medis Pasien
Nantinya, Anda akan bisa melihat rekam medis pada bagian pelayanan rawat darurat dengan adanya SIMRS yang telah terintegrasi ini. Fitur tersebut dipergunakan agar bisa melihat rekam medis pasien, diantaranya seperti riwayat kunjungan, penyakit, operasi, alergi, profil, terapi, tindakan, dan penunjang medisnya. Dengan fitur tersebut dokter juga akan semakin mudah untuk memperoleh informasi secara rinci terhadap rekam medis pasien.
Baca Juga: SIMRS ICHA Mobile Wujudkan Rumah Sakit yang Semakin Unggul
Terintegrasi dengan Penunjang Medis
Anda bisa mendaftarkan pasien yang akan masuk ke IGD secara langsung pada berbagai layanan penunjang medis terdaftar. Selain itu, juga jenis pemeriksaannya tanpa perlu pengisian biodata pasien kembali.
Laporan Tindakan Rawat Darurat dengan SIMRS
Setiap tindakan dalam pelayanan rawat darurat atau IGD yang sudah terjadi dan tersimpan dalam sistem, maka bisa dibentuk menjadi sebuah laporan. Dan laporan tersebut bisa disediakan dalam berbagai bentuk baik itu hardcopy maupun softcopy, seperti spreadsheet dan PDF.
Terhubung Secara Langsung dengan Bagian Farmasi
Sangat mungkin terdapat kondisi dimana dokter bisa menginputkan resep melalui SIMRS. Kemudian proses penjualan obat, maupun alat kesehatan di apotek yang terdapat pada modul Farmasi bisa dilanjutkan tanpa menggunakan kertas resep.
PT Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit serta klinik yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman. Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:
- Berbasis Web
- Sistem Notifikasi User
- E-mail System
- Radiologi
- Laboratorium
- Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
- ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
- Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
- Laporan RL
- Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
- Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
- PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
- E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
- Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan
Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit dan Klinik!