Pentingnya Sistem Informasi Manajemen untuk Operasional Rumah Sakit

SIMRS – Di era globalisasi seperti saat ini, rumah sakit dituntut untuk melakukan peningkatan terhadap kinerja dan juga daya saing sebagai badan usaha dengan tidak mengurangi misi sosial yang dibawanya.  Rumah sakit perlu merumuskan kebijakan-kebijakan strategis.

 

Di antaranya efisiensi dari dalam (organisasi, manajemen, serta SDM) dan juga harus mampu secara cepat dan juga tepat dalam mengambil keputusan untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Ini bertujuan supaya rumah sakit bisa menjadi organisasi yang responsif, inovatif, efektif, efisien dan juga menguntungkan.

 

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) merupakan sebuah sistem komputerisasi yang memproses dan juga mengintegrasikan seluruh alur proses bisnis layanan kesehatan dengan bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan juga prosedur administrasi untuk mendapatkan informasi secara cepat, tepat serta akurat.

 

Sistim Informasi Manajemen (SIM) berbasis komputer, yang menjadi sarana pendukung yang sangat penting, bahkan dapat dikatakan mutlak untuk operasional rumah sakit. Tujuan dari system informasi sendiri ialah untuk identifikasi masalah, meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, meningkatkan fungsi perencanaan, pemantauan, pengendalian, evaluasi organisasi, juga meningkatkan ketepatan dan kecepatan pengambilan keputusan.

 

Selain itu, sistem ini juga berfungsi untuk mengukur, mengendalikan, menganalisa penggunaan sumber daya, produktifitas, efisiensi serta efektifitas, penyusunan laporan intern, ekstern riset, pendidikan, juga meningkatkan komunikasi intern dan ekstern organisasi.

 

Kategori SIMRS :

  1. Sistem Informasi Administrasi dan keuangan
  2. Sistem Informasi Medis-Klinis
  3. Penyajian Informasi – Efisiensi Biaya – Ketenagaan Utilisasi pelayanan penunjang Struktur biaya

 

Manfaat SIMRS :

Ada berbagai manfaat yang akan diperoleh Rumah Sakit dengan menggunakan SIMRS, di antaranya :

  1. Pengendalian stok obat dan juga alkes multi gudang (multi apotek / floorstock) dapat dilakukan dengan lebih mudah, sebab posisi stock up to date-nya dapat diketahui setiap saat.
  2. Proses-proses manajemen rumah sakit dapat terintegrasi antara satu bagian dengan bagian lainnya.
  3. Memudahkan proses budgeting dan juga pengendalian realisasinya.
  4. Penagihan terhadap para pasien bisa dibuat dalam sebuah single billing statement untuk semua jasa perawatan yang sudah diterima oleh pasien.
  5. Riwayat penyakit dan juga perawatan (medical record) pasien dapat dikelola dan juga dipanggil dengan cepat serta otomatis.

 

Baca Juga: Alasan Mengapa Rumah Sakit Perlu Menggunakan SIMRS

 

  1. Pemanfaatan data keluaran atau output dari suatu modul oleh modul lain (sebagai masukan atau input) sehingga adanya redundansi proses antar bagian dapat dihindari.
  2. Analisis statistik diagnosa serta pembedahan terhadap pasien sudah disesuaikan dengan standard yang ditetapkan oleh WHO.
  3. Memudahkan penyusunan rencana cash-flow dan juga pengendalian arus kas ataupun bank.
  4. Dengan menggunakan SIMRS, resiko keterlambatan pembayaran atau penagihan hutang piutang dapat dikurangi.
  5. Menjaga konsistensi data (data consistency) sebab telah menggunaan data bersama (data sharing) baik data master (database pasien, perawat, dokter, karyawan dan obat) ataupun data transaksi.
  6. SIMRS memberikan kemudahan didalam pembuatan laporan di semua unit, cepat dan juga akurat.
  7. Efisiensi waktu entri data (entry time) sebab hanya dilakukan sekali oleh bagian yang paling berkompeten.
  8. Pencetakan nota pembayaran, kuitansi, surat menyurat dapat dilakukan dengan lebih mudah.

 

Selain itu, efisiensi kerja karyawan juga menjadi meningkat. Sebab beberapa proses rutin seperti pembuatan laporan maupun perhitungan-perhitungan dilakukan secara otomatis dan juga cepat. Dengan demikian karyawan bisa lebih berkonsentrasi pada hal-hal yang bersifat strategis lainnya. Disamping itu, masih banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan SIMRS.

 

PT. Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit serta klinik yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman.

 

Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA :

  1. Berbasis Web
  2. Sistem Notifikasi User
  3. E-mail System
  4. Radiologi
  5. Laboratorium
  6. Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
  7. ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
  8. Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
  9. Laporan RL
  10. Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
  11. Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
  12. PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
  13. E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
  14. Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan

 

Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit.

Hubungi kami sekarang juga ! Untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit !