SIMRS – Edukasi dan juga akses informasi terkait kesehatan yang semakin penting, menyebabkan tingginya tuntutan terhadap kebutuhan pola hidup sehat dari masyarakat luas. Dalam memenuhi tuntutan pelayanan kesehatan tersebut, maka kini komputerisasi sangat diperlukan.
Oleh sebab itu, para pengembang telah menciptakan sistem informasi manajemen rumah sakit atau yang disingkat dengan SIMRS berbasis web, untuk bisa memperlancar aktivitas pelayanan kesehatan.
Sistem informasi yang diterapkan pada lingkungan rumah sakit, bertujuan untuk bisa menghindari terjadinya kesalahan yang tidak diinginkan, misalnya kesalahan inputan data, proses integrasi gagal, human error, dan juga terlambatnya penyampaian informasi. Mengingat, faktor kesehatan memang menjadi hal yang sangat penting untuk setiap orang. Yaitu untuk bisa menjalankan berbagai aktivitas secara normal serta lebih sehat.
Pengenalan Sistem Informasi Rumah Sakit
Sistem informasi rumah sakit (SIRS) atau dalam bahasa inggris disebut dengan Hospital Information System (HIS), merupakan proses pengumpulan, penyajian, dan juga pengolahan data yang berhubungan dengan rumah sakit, sesuai peraturan yang telah berlaku.
Terkait segala macam data, baik yang dikelola secara publik ataupun privat, akan diatur secara khusus yakni melalui ketentuan dari badan hukum negara Republik Indonesia (RI). Oleh sebab itu, negara juga telah menjamin keamanan dan juga privasi data secara optimal.
Tujuan Sistem Informasi Rumah Sakit
Implementasi dari sistem informasi pada instalasi rumah sakit menjadi dampak nyata dari adanya perubahan teknologi serta informasi saat ini. Di Indonesia sendiri, sudah ada banyak tempat serta fasilitas kesehatan yang telah dilengkapi dengan sistem informasi untuk mengelola, mengatur, serta mempercepat proses administrasi dan juga pengelolaan data rumah sakit.
Hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan juga percepatan integrasi antar sistem dalam membantu pasien serta tenaga medis dalam proses praktik dan juga pemberian informasi terkait bidang kesehatan. Berikut beberapa penjelasan terkait dengan peranan operasional sistem informasi dalam rumah sakit, menurut Sutanto (2008):
Meningkatkan Kecepatan Transfer Informasi
Percepatan informasi dalam memperoleh data pasien terkait dengan hasil diagnosis penyakit yang diderita menjadi salah satu prioritas di era digital seperti saat ini. Sehingga, dengan adanya SIRS maka diharapkan bisa mengatasi permasalahan tersebut.
Lalu, kecepatan transfer informasi juga bisa menyelesaikan proses pekerjaan yang berkaitan dengan administrasi rumah sakit. Hal ini menjadi salah satu tolak ukur dari profesionalisme dan juga kapabilitas setiap rumah sakit ataupun lembaga kesehatan lain, untuk bisa meningkatkan kualitas pelayanan.
Baca Juga: Pentingnya Sistem Informasi Manajemen untuk Operasional Rumah Sakit
Peningkatan Akurasi Data
Proses akurasi dengan memanfaatkan SIRS ini bisa mempengaruhi aktivitas pemeriksaan data transaksi menjadi lebih sistematis, terkontrol, dan juga terpusat melalui aplikasi yang dikembangkan. Dengan begitu, proses pembuatan laporan antar unit dokter ataupun tenaga medis lain bisa mencegah terjadinya duplikasi data.
Integrasi Sistem secara Cepat dan Tepat
Dengan menerapkan penggunaan aplikasi dan juga teknologi digital pada perangkat rumah sakit, maka berbagai bentuk sistem yang berjalan secara konvensional (manual) terkait data pasien bisa dimonitoring serta berjalan secara lebih terpusat.
Proses Pelayanan tanpa Batasan Tempat dan Waktu
Dengan menggunakan SIRS, maka segala bentuk pelayanan serta akses informasi seputar dunia kesehatan bisa dilakukan secara online yakni melalui bantuan dari aplikasi. Disamping itu, pasien juga akan memperoleh perawatan dan juga penanganan lebih cepat.
Dengan demikian, pasien tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menyelesaikan berbagai macam kebutuhan yang berkaitan dengan sistem administrasi. Baik yang bersifat untuk rawat inap ataupun untuk rawat jalan, data terkait hal tersebut bisa dilihat di mana saja dan kapan saja.
Selain itu, masih banyak manfaat yang bisa diperoleh, PT. Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit yang ada di seluruh wilayah Indonesia disingkat dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan Sistem Manajemen Rumah Sakit, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman.
Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA :
- Berbasis Web
- Sistem Notifikasi User
- E-mail System
- Radiologi
- Laboratorium
- Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
- ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
- Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
- Laporan RL
- Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
- Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
- PACS (Picture Archiving andCommunication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
- E-Resep yang terintegrasi dengan System antrian apotek / farmasi
- Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan
Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit.
Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan dalam mengelola Rumah Sakit!