Penerapan SIM yang Sudah Terintegrasi dengan Vclaim BPJS

SIMRS – Vclaim merupakan fasilitas yang telah tersedia dari BPJS Kesehatan. Khususnya untuk melakukan segala sistem pelayanan kesehatan rumah sakit maupun fasilitas kesehatan yang lainnya. Supaya bisa melakukan dua proses pelayanan tanpa adanya intervensi dari satu sistem dengan sistem yang lainnya secara langsung.

 

Hubungan seperti ini, disebut dengan pengelolaan web service atau application programming interface (API). Dimana program tersebut akan bisa membatasi gerak akses ke setiap sistem sehingga keamanan data tetap terjaga secara maksimal. Vclaim ini biasa juga disebut dengan Bridging system BPJS Kesehatan. Pada dasarnya, dengan SIMRS tujuan utamanya adalah agar bisa memudahkan pasien BPJS untuk melakukan proses registrasi dan verifikasi.

 

Sehingga, dengan adanya Vclaim ini kedua proses registrasi maupun verifikasi dapat dilakukan dengan satu proses registrasi. Ini berbeda dengan layanan atau fasilitas kesehatan sebuah rumah sakit atau fasilitas kesehatan lainnya yang tidak memanfaatkan Vclaim ini. maka pasien harus melakukan dua kali antrian, yaitu ketika melakukan verifikasi kepesertaan dan kemudian dilanjutkan dengan registrasi.

 

Pada umumnya, terdapat berbagai fasilitas yang disediakan pada Vclaim ini. Mulai dari bagian referensi, tersedianya fasilitas untuk pencarian data poli, data diagnosa, data dokter, data spesialistik, data cara keluar, data pasca pulang, data ruang rawat, data kelas rawat dan data fasilitas kesehatan. Kemudian, untuk peserta atau pasien BPJS adalah tersedianya pencarian data peserta BPJS dan pencarian data yang berdasar pada NIK kependudukan.

 

Lalu, juga ada manfaatnya untuk Surat Eligibilitas Peserta (SEP), contohnya untuk update tanggal SEP, Insert SEP, hapus data SEP, update SEP, melihat data detail SEP peserta, mapping transaksi data SEP dengan data Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, memonitoring verifikasi klaim pelayanan, data riwayat pelayanan peserta dan data kunjungan peserta. Bahkan hingga fasilitas untuk rujukan yaitu untuk pencarian data rujukan dari rumah sakit berdasarkan nomor kartu dan pencarian data rujukan dari rumah sakit berdasarkan nomor rujukan.

 

Pasalnya, Bridging system BPJS Kesehatan dengan SIMRS untuk mempermudah proses klaim. Sehingga petugas yang akan memasukkan data klaim tidak perlu lagi melakukan pengetikan data pasien, maupun untuk menghindari kesalahan penulisan pada surat eligibilitas peserta dan nomor peserta.

 

Sebab, data yang digunakan diambil langsung dari server Surat Eligibilitas Peserta (SEP) sehingga kebenarannya dapat diandalkan. Selain itu, Vclaim  dengan sistem informasi manajemen Rumah Sakit dapat membuat adanya kepastian waktu pembayaran klaim dengan lebih akurat dan lebih cepat apabila dibandingkan dengan menggunakan klaim manual. Namun, mungkin saja dari sisi Rumah Sakit hal seperti ini akan menjadi sebuah tantangan tersendiri.

 

Baca Juga: Beragam Manfaat yang Diperoleh dari Penerapan SIM RS Bridging Kemenkes

 

Sebab, sumber daya manusia di rumah sakit dituntut untuk memakai sistem yang telah disediakan oleh BPJS. Seperti Vclaim, dengan ada begitu banyak layanan yang harus diklaim dan memerlukan Input ke dalam sistem Vclaim. Agar semakin mempermudah program layanan yang dilakukan, juga semakin efektif plus efisien.

 

Maka, diperlukan sistem informasi manajemen rumah sakit yang telah terintegrasi dengan sistem Vclaim BPJS. Sehingga, sebuah rumah sakit bisa memanfaatkan pihak ketiga untuk mendukung layanan bridging Vclaim BPJS ini. Pastinya telah terintegrasi dan bisa meminimalisir kesalahan input data, mengoptimalkan waktu proses, memberikan efisiensi dan efektivitas terhadap beban kerja sebuah rumah sakit. Sederhananya, program seperti ini akan mempermudah kinerja seluruh hal yang berkaitan dengan rumah sakit.

 

PT. Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman.

 

Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:

  1. Berbasis Web
  2. Sistem Notifikasi User
  3. E-mail System
  4. Radiologi
  5. Laboratorium
  6. Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
  7. ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
  8. Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
  9. Laporan RL
  10. Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
  11. Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
  12. PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
  13. E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
  14. Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan
 
 

Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit. Tidak hanya anggota Rumah Sakit, tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit.

 

Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan dalam mengelola Rumah Sakit