Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit – Dalam beberapa tahun terakhir penggunaan Electronic Medical Record atau EMR semakin berkembang. Hal tersebut tentunya berhubungan dengan upaya yang dilakukan oleh industri kesehatan untuk melaksanakan seluruh hal yang dibutuhkan untuk menyediakan kualitas layanan medis yang lebih baik serta meningkatkan profitabilitas rumah sakit.
Perlu Anda ketahui, bahwa Electronic Medical Record ini termasuk dalam Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Karena keberadaan SIMRS pada umumnya memang untuk mengintegrasikan berbagai komponen dari sebuah fasilitas kesehatan atau rumah sakit. Tentu saja keberadaannya juga untuk mempermudah layanan dalam hal pencatatan medis pasien.
Tentu saja Ini juga merupakan solusi terbaik untuk rumah sakit yang ingin memiliki penyimpanan data pasien dengan sebaik mungkin. Mengapa hal tersebut bisa terwujud? Sebab EMR merupakan sebuah catatan medis elektronik, yang terdiri dari berbagai kumpulan sistematis informasi kesehatan dengan basis elektronik yang terintegrasi dan terhubung dengan sistem informasi dalam jejaring rumah sakit.
Data-data pasien tersebut diantaranya adalah riwayat medis, pengobatan, data demografi, proses keperawatan, hasil uji radiologi dan laboratorium, bahkan hingga informasi penagihan. Apa saja sih keuntungannya dengan menerapkan Electronic Medical Record atau rekam medis elektronik?
Memiliki Penyimpanan yang Lebih Simple
Bisa dibayangkan apabila mempunyai begitu banyak barang di rumah. Seperti misalnya, kaos kaki, baju, tas, celana, peralatan tulis, dan berbagai barang lainnya di rumah. Tetapi sayangnya Anda menyimpan dan menaruh semua barang tersebut di setiap sudut rumah. Dapat dipastikan hal ini akan membuat Anda merasa bingung dan terburu-buru saat mencari barang. Maka, lebih baik meletakkannya pada satu tempat yang sering Anda lewati dan mudah menjangkaunya. Begitu pula dengan penyimpanan data rekam medis pasien yang ada di rumah sakit.
Penting untuk memiliki data rekam medis yang bisa seefisien dan seefektif mungkin untuk diakses kapanpun dan dimanapun dengan memanfaatkan internet. Sebuah data yang disimpan dalam sebuah folder khusus dengan bentuk soft file. Akan sangat membuang-buang waktu apabila data rekam medis terpencar di setiap tempat dan tidak dapat diringkas.
Dapat Terhubung dengan Informasi Lain
Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, tentu saja teknologi membuat segalanya menjadi sangat mungkin. Seperti halnya pada sebuah rumah sakit dengan memanfaatkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit yang didalamnya sudah ada Electronic Medical Record-nya, pasti akan memudahkan tim medis maupun semua orang yang bekerja sama di rumah sakit itu sendiri. Karena semua informasi sudah terintegrasi melalui SIMRS, pasti tidak akan perlu kebingungan atau ribet untuk mencari setiap informasi-informasinya.
Baca Juga: Pentingnya Pengimplementasian Hospital Information System (HIS) Bagi Rumah Sakit
Membuat Laporan yang Lebih Mudah
Semakin banyak yang bisa mendukung kinerja manusia dalam berbagai hal belakangan ini, juga termasuk dalam pengelolaan keuangan. Pada saat dulu Kebanyakan orang masih memanfaatkan cara manual yaitu dengan mempergunakan buku dan melakukan tulis tangan untuk membuat laporan keuangan tahunan. Tetapi, pada saat ini jauh lebih baik karena membantu untuk membuat laporan tahunan dengan memanfaatkan software. Sehingga ketika memasukkan sebuah informasi data, secara otomatis pasti akan menyimpan.
Untuk itu, kesimpulannya mempergunakan Electronic Medical Record, seluruh data pasien sebanyak apapun pasti dapat diakses hanya dengan memanfaatkan perangkat komputer yang dapat dijinjing atau seringkali disebut laptop. Sehingga, akan jauh lebih mempermudah kinerja para staf rumah sakit, akan menjadi lebih efisien dan memberikan pencegahan pada adanya kesalahan medis tertentu.
PT Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit serta klinik yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman. Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:
- Berbasis Web
- Sistem Notifikasi User
- E-mail System
- Radiologi
- Laboratorium
- Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
- ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
- Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
- Laporan RL
- Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
- Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
- PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
- E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
- Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan
Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit dan Klinik!