Mengenal Tahapan Alur Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit – Di era yang serba modern seperti saat ini, seluruh Rumah Sakit tentunya dituntut harus meningkatkan kinerja. Ini karena sebagai sebuah badan usaha dengan tidak mengurangi misi sosial yang diciptakannya. Di sinilah peran Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) akan mulai bekerja.

Tidak diragukan lagi bahwa Rumah Sakit harus merumuskan kebijakan yang strategis. Diantaranya adalah efisiensi internal yang termasuk manajemen organisasi dan sumber daya manusia. Selain itu juga harus mampu pula secara cepat dan tepat mengambil keputusan. Hal ini adalah demi meningkatkan layanannya pada masyarakat umum supaya menjadi organisasi yang efisien, efektif, inovatif, responsif dan menguntungkan maupun bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Terdapat solusi yang paling tepat untuk menghadapi permasalahan seperti yang di atas. Yaitu dengan menerapkan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit supaya mampu lebih efektif dan meningkatkan semua kegiatan rumah sakit. Baik mulai dari manajemen internal Rumah Sakit hingga pelayanan kesehatannya.

SIMRS dan penerapannya sendiri di dalam rumah sakit telah diatur dalam sebuah kebijakan. Dan ditandai dengan dikeluarkannya Peraturan Kementerian Kesehatan Nomor 82 Tahun 2013. SIMRS adalah sebuah aplikasi atau program di mana termasuk sebagai sebuah sistem teknologi informasi komunikasi yang mampu mengkoordinasikan, mengintegrasikan, memproses, serta menganalisis semua alur proses pelayanan rumah sakit.

Mulai dari aktivitas Rumah Sakit, seperti prosedur administrasi, pendaftaran, pelaporan, kinerja perangkat kesehatan, dan beberapa hal lainnya. Sehingga Rumah Sakit tersebut mampu mendapatkan informasi dengan akurat cepat dan tepat.

Dengan menerapkan aplikasi SIMRS, ini adalah bagian dari sistem informasi kesehatan. Dimana nantinya seluruh proses layanan Rumah Sakit mampu lebih efisien efektif dan cepat. Selain itu, manajemen rumah sakit akan menjadi lebih baik dan seluruh rumah sakit yang ada di Indonesia lebih mudah berkolaborasi atau terintegrasi dengan layanan asuransi kesehatan BPJS maupun yang lainnya. Lalu, bagaimana alur proses pelayanan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit? Supaya lebih mudah memahami berikut ini adalah beberapa tahapan alurnya.

Pendaftaran

Pada umumnya, di bagian ini ada pencatatan pendaftaran dan data pasien. Selain itu, juga ada pencetakan label pasien, pencetakan nomor antrian, pencetakan kartu berobat, pencetakan berkas rekam medis, pencetakan cara bayar pasien, pencetakan lembar SEP (Surat Eligibilitas Pasien) pasien, dan edit atau menghapus data pasien.

Rekam medis

Bagian rekam medis akan melakukan penginputan terhadap laporan demografi, laporan indikator RS, laporan sensus rawat inap, laporan penginputan diagnosa, laporan kunjungan, laporan arus pasien, merge dokumen RM, laporan RL, dan retensi berkas.

Baca Juga: Visi dan Misi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS)

Pelayanan penunjang

Untuk bagian yang satu ini umumnya mencakup pencatatan hasil pemeriksaan, mulai dari fisioterapi laboratorium radiologi dan lainnya, juga ada pencatatan pelayanan kemoterapi, operasi, forensik, One day care, hemodialisis, MCU, bank darah, bridging laboratorium Information System (LIS) pencatatan pelayanan farmasi, CSSD, dan cetak hasil pemeriksaan penunjang.

Rawat jalan

Seksi ini akan mencakup segala riwayat rekam medis pasien, diagnosa pencatatan DPJP, vital sign, pencatatan konsul ke klinik lain, tindakan medis, pencetakan dokumen rekam medis, pencatatan order rawat inap, pencatatan order pemeriksaan penunjang, dan pembatalan kunjungan klinik.

Rawat inap

Umumnya terdapat pencatatan DPJP, diagnosa, rekam medis pasien, vital sign, pencatatan order pemeriksaan penunjang, pencatatan perubahan waktu rawat inap pasien, pencatatan perpindahan bed, dan percetakan dokumen rekam medis.

IGD (Instalasi Gawat Darurat)

Bagian ini akan mencakup pencatatan DPJP, tindakan medis, diagnosa, riwayat rekam medis pasien, pembatalan IGD, dan pencatatan order rawat inap.

Kasir

Bagian ini akan menyediakan informasi pembayaran biaya pemeriksaan, rekap billing, penggabungan billing rawat inap, pembayaran transaksi lain-lain, arus kas dan deposit, serta pembayaran non RM dan buku tutup kasir.

PT Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit serta klinik yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman. Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:

  1. Berbasis Web
  2. Sistem Notifikasi User
  3. E-mail System
  4. Radiologi
  5. Laboratorium
  6. Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
  7. ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
  8. Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
  9. Laporan RL
  10. Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
  11. Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
  12. PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
  13. E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
  14. Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan

Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit dan Klinik!