Ketahui Fungsi Pelayanan SIMRS ICHA

SIMRS ICHA – Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) merupakan sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang dipersiapkan untuk menangani keseluruhan proses manajemen rumah sakit. Yakni mulai dari pelayanan diagnosa serta tindakan untuk pasien, gudang farmasi, medical record, apotek. Disamping itu, SIMRS juga menangani sistem komputerisasi baik hardware ataupun software rumah sakit yang meliputi, sistem jaringan komputer/internet rumah sakit, website, billing sistem yang digunakan untuk pelayanan pasien dan juga perbaikan komputer/printer.

Didalam menghasilkan data output komputer yang baik, benar, akurat dan juga lengkap serta bisa dipertanggungjawabkan sangat dipengaruhi oleh kedisplinan setiap unit pada entri data pelayanan yang dilakukan pada pasien.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 82 Tahun 2013 dijelaskan jika Setiap Rumah Sakit wajib untuk menyelenggarakan SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit).

Persyaratan

Aplikasi penyelenggaraan SIMRS yang dibuat oleh Rumah Sakit perlu memenuhi persyaratan minimal yang telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan:

Salah satu persyaratan a.l. ialah arsitektur. Arsitektur SIMRS paling sedikit terdiri dari kegiatan kegiatan pelayanan utama (front office); administratif (back office); serta komunikasi dan kolaborasi. Disamping itu, Rumah Sakit bisa mengembangkan SIMRS dengan menambahkan arsitektur pendukung yakni berupa Picture Archiver System (PACS), Sistem Antar Muka Peralatan Klinik, Sistem Manajemen Dokumen (Document Management System), dan juga Data Warehouse dan Bussines Intelegence.

Fungsi Pelayanan

Tata kelola dari sistem informasi yang baik harus selaras dengan fungsi, visi, misi dan juga strategi organisasi. Secara generik fungsi dari Rumah Sakit (menurut WHO tahun 1957), ialah untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lengkap pada masyarakat baik kuratif ataupun rehabilitatif. Dimana output layanannya menjangkau pelayanan keluarga serta lingkungan, Rumah Sakit juga menjadi pusat pelatihan tenaga kesehatan dan juga untuk penelitian biososial.

Rumah sakit juga menjadi pusat pelayanan rujukan medik spesialistik serta sub spesialistik dengan fungsi utamanya ialah menyediakan serta menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat pemulihan (rehabilitasi pasien) dan penyembuhan (kuratif).

Proses Bisnis

Secara umum sistem informasi Rumah Sakit harus selaras dengan bisnis utama (core bussines) dari Rumah Sakit, terutama terkait dengan informasi riwayat kesehatan pasien ataupun rekam medis (tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan juga pelayanan lain yang diberikan pada pasien), informasi kegiatan operasional (termasuk informasi sumber daya manusia, alat kesehatan, material,  penelitian serta bank data).

Keberhasilan dari implementasi sistem informasi tidak hanya ditentukan dari teknologi informasi namun juga oleh faktor lain, misalnya proses bisnis, tata kelola IT, perubahan manajemen dan lain-lainnya. Oleh sebab itu, bukan hanya teknologi namun juga kerangka kerja secara komprehensif.

Ruang Lingkup

Penyelenggaraan SIMRS bisa menggunakan aplikasi dengan menggunakan kode sumber terbuka (open source) yang telah disediakan oleh Kementerian Kesehatan. Atau bisa juga menggunakan aplikasi yang telah dibuat oleh Rumah Sakit. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) harus meliputi aspek berikut ini: strategi, proses bisni, arsitektur infrastruktur, arsitektur data, arsitektur aplikasi, keamanan sistem informasi, interoperabilitas dan tata kelola.

PT Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit serta klinik yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman. Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:

  1. Berbasis Web
  2. Sistem Notifikasi User
  3. E-mail System
  4. Radiologi
  5. Laboratorium
  6. Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
  7. ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
  8. Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
  9. Laporan RL
  10. Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
  11. Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
  12. PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
  13. E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
  14. Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan

Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit dan Klinik!