Kenali Lebih Jauh Seperti Apa Peranan Electronic Health Record

SIMRS – EHR atau Electronic Health Record adalah aktivitas mengkomputerisasikan isi rekam kesehatan dan seluruh proses yang berhubungan dengannya. Bedakan menurut SK yang dikeluarkan oleh menteri kesehatan mengenai rekam medis, dijelaskan bahwa rekam medis merupakan berkas yang berisi dokumen dan catatan mengenai identitas pasien pengobatan pemeriksaan tindakan serta pelayanan lain yang sudah diberikan untuk pasien.

Electronic Health Record ini merupakan bagian dari SIMRS. Karena memang tujuan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dari EHR adalah melakukan berbagai kegiatan rekam kesehatan dan proses lainnya.

Kriteria Electronic Health Record

EHR adalah sistem informasi yang mempunyai framework semakin luas dan mencukupi satu set fungsi yang harus memiliki berbagai kriteria, diantaranya adalah mengumpulkan data pada titik pelayanan, mengintegrasikan data dari berbagai sumber yang ada, dan mendukung pemberi pelayanan dalam melakukan pengambilan keputusan.

Sementara itu, menurut Gemala Hatta EHR ada dalam sebuah sistem yang secara khusus dirancang untuk mendukung pengguna dengan begitu banyak kemudahan fasilitas dan kelengkapan serta keakuratan data. Selain itu, juga memberikan tanda peringatan, waspada, memiliki sistem untuk mendukung keputusan rumah sakit , serta menghubungkan data dengan pengetahuan medis maupun alat bantu medis lainnya.

Pada umumnya, sistem Electronic Health Record adalah sebuah sistem pencatatan kesehatan pasien yang ada di berbagai lembaga kesehatan. EHR memiliki definisi bahwa adalah kumpulan sistematis informasi kesehatan elektronik pasien secara individu maupun dalam sebuah populasi. Juga termasuk rekaman dalam format digital yang bisa dibagikan ke berbagai media melalui sistem yang sudah terhubung dengan jaringan.

Catatan ini bisa saja berisi tentang banyak jenis data komprehensif maupun ringkasan, termasuk rekaman medis, status imunisasi, hasil tes laboratorium, demografis, pengobatan dan alergi, tanda-tanda vital, gambar radiologi, informasi tagihan, serta status personal seperti berat badan dan usia.

EHR ini merupakan sistem yang dikembangkan dari SIMRS, karena EHR ini memang tujuan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. EHR  juga seringkali disamakan dengan (Electronic Medical Record) dan Electronic Patient Record. Kemudian, terdapat berbagai komponen utama dalam sistem EHR ini, diantaranya adalah Fasilitas Kesehatan itu sendiri seperti rumah sakit, administratif, formasi, laboratorium, radiologi, serta input order dokter dan klinis. Berikut ini adalah berbagai komponen fungsional dari  Electronic Health Record, antara lain:

Baca Juga: Bagaimana Regulasi Pengaplikasian Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di Indonesia?

  • Mengintegrasikan data pasien. Gudang data akan memusatkan data dari berbagai komponen lain maupun cara lain untuk mengintegrasikan data.
  • Dukungan keputusan rumah sakit. EHR Juga menyediakan program logic yang bisa dipergunakan untuk menunjang keputusan, misalnya daftar permintaan dan protokol klinis, maupun kewaspadaan dan pernyataan.
  • Pemasukan pemerintah rumah sakit. EHR Memiliki humor interface yang bisa mendapatkan data dalam waktu yang tepat untuk sebuah pelayanan. juga mampu mengakses data dan aturan, serta memproses data melalui analisis data dan data agregat.
  • Akses atau sumber pengetahuan. Sumber pengetahuan yang dimaksud adalah membuat informasi yang selalu tersedia untuk kepentingan sumber atau pihak lainnya.
  • Dukungan komunikasi yang terpadu. Gudang data memiliki data spesifik yang bisa diproses, yaitu data yang akan dianalisis dan data agregat, yang kemudian menghasilkan informasi yang sangat berguna.

Perlu diketahui, bahwa penyelenggaraan atau penerapan  Electronic Health Record pada sebuah rumah sakit, sejalan dengan tujuan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Yaitu adanya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang harus semakin berkualitas. Ini merupakan tahap awal baik dari peralihan paper based ke EHR yang semakin menjamin kualitas pelayanan medis dan mendukung produktivitas.

PT Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit serta klinik yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman. Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:

  1. Berbasis Web
  2. Sistem Notifikasi User
  3. E-mail System
  4. Radiologi
  5. Laboratorium
  6. Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
  7. ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
  8. Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
  9. Laporan RL
  10. Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
  11. Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
  12. PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
  13. E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
  14. Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan

Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit dan Klinik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hubungi Kami

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit ICHA Copyright © PT. Adwa Info Mandiri 2023