Jangan Salah, Berikut Berbagai Perbedaan Antara SIMPUS dan SIMRS

Pada dasarnya, SIM RS adalah Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dan SIMPUS adalah Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (SIMPUS). Ini berasal dari sistem informasi kesehatan atau yang biasa disebut dengan SIK. SIMPUS adalah sebuah program aplikasi yang akan menyediakan informasi baik untuk pengelolaan maupun administrasi sebuah rumah sakit supaya meningkatkan kinerja tim Puskesmas dan menangani semua proses manajemen di puskesmas. Sedangkan, sistem informasi manajemen Rumah Sakit merupakan sebuah sistem informasi yang sudah terintegrasi dan disiapkan untuk menangani semua proses manajemen rumah sakit.

Berbagai proses manajemen Rumah Sakit, diantaranya adalah medical record, gudang Farmasi, Apotek, pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, database personalia, penagihan, proses akuntansi, penggajian karyawan, hingga pengendalian oleh manajemen. Tentu saja antara SIMRS dan SIMPUS merupakan kedua program yang berbeda walaupun masih dalam dalam lingkup yang sama yaitu kesehatan. Hal tersebut dikarenakan cakupan antara Puskesmas dan Rumah Sakit merupakan: fasilitas kesehatan yang berbeda. Baik SIMRS maupun SIMPUS diciptakan untuk memenuhi sistem informasi kesehatan yang telah diharuskan oleh pemerintah.

SIK atau sistem informasi kesehatan sendiri merupakan sebuah sistem manajemen data dan informasi kesehatan pada semua tingkat pemerintahan, dengan terintegrasi dan matematika untuk mendukung manajemen Kesehatan, sebagai upaya peningkatan layanan kesehatan pada masyarakat. Supaya lebih paham mengenai SIMRS dan SIMPUS, berikut ini adalah beberapa perbedaan antara kedua program kesehatan tersebut.

SIMPUS (Sistem Informasi Manajemen Puskesmas)

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa Sistem Informasi Manajemen Puskesmas ini adalah program yang diterapkan pada sebuah Puskesmas. Program tersebut dikembangkan dengan berdasar pada mekanisme kerja pelayanan pasien di Puskesmas yang berupa program database. Berikut ini adalah beberapa tujuan dan manfaatnya.

Tujuan SIMPUS

  • Menghasilkan informasi yang terkini sebagai data awal untuk pengambilan kebijakan bagi pimpinan.
  • Mengumpulkan data dari setiap pasien, diantaranya adalah data orang yang sakit, ibu hamil, bayi yang lahir, penyuluhan kesehatan masyarakat, ketersediaan obat, dan hal lainnya.
  • Menunjang kelancaran administrasi dan manajemen rumah sakit untuk menyusun laporan tentang kondisi Puskesmas.
  • Mengatasi seluruh hambatan pelaksanaan program pokok Puskesmas.
  • Sebagai dasar evaluasi dan pemantauan pelaksanaan pelayanan Puskesmas.
  • Meningkatkan kualitas manajemen Puskesmas agar semakin berhasil dan berdaya guna tinggi, melalui pemanfaatan yang maksimal dalam data sistem pencatatan dan pelaporan yang terpadu atau informasi lain yang bisa mendukung aktivitas layanan Puskesmas.

Manfaat SIMPUS

  • Mempercepat dan memudahkan pelayanan.
  • Memperoleh informasi dan data yang valid.
  • Dengan adanya Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit, secara otomatis dapat saling terhubung antara semua pihak yang bisa memantau atau agar bersifat transparan.
  • Mengurangi beban kinerja petugas Dinas Kesehatan maupun petugas Puskesmas.

Baca Juga: Apa Saja yang Harus Dilakukan untuk Menerapkan Manajemen Rumah Sakit yang Baik?

SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit)

Yang akan disebutkan berikut sebagai ini tujuan SIM RS adalah:

  • Semakin menunjang keseluruhan pelayanan rumah sakit.
  • Supaya semua data dan informasi yang terdapat dalam rumah sakit tersusun rapi.
  • Semakin memudahkan untuk pencarian data pasien, obat, dan lainnya yang berhubungan dengan rumah sakit.
  • Meningkatkan citra layanan sebuah rumah sakit.

Manfaat SIMRS

  • Manfaat pertama SIM RS adalah seluruh proses manajemen Rumah Sakit dapat terintegrasi antara satu departemen dengan departemen yang lainnya.
  • Pengendalian alat kesehatan dan obat yang multi gudang atau dapat dilakukan dengan semakin mudah karena posisi stoknya dapat semakin up to date dan diketahui kapanpun.
  • Riwayat penyakit dan medical record pasien dapat dikelola dan dipanggil dengan cepat secara otomatis.

PT Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit serta klinik yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman. Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:

  1. Berbasis Web
  2. Sistem Notifikasi User
  3. E-mail System
  4. Radiologi
  5. Laboratorium
  6. Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
  7. ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
  8. Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
  9. Laporan RL
  10. Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
  11. Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
  12. PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
  13. E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
  14. Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan

Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit dan Klinik!