SIMRS – Apakah Anda sering melihat antrean di rumah sakit ataupun di layanan kesehatan lainnya? Pemandangan yang sama memang masih terlihat sampai saat ini. Penyebabnya salah satunya ialah karena cara kerja SIMRS terkait manajemen data rumah sakit di lintas divisi yang masih belum terintegrasi sepenuhnya.
Masalah yang terjadi tersebut dapat diatasi dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit atau yang disingkat dengan SIMRS. Dikutip dari definisi Kementerian Kesehatan RI, SIMRS merupakan sistem teknologi informasi komunikasi yang memproses dan juga mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan rumah sakit dengan bentuk jaringan koordinasi, pelaporan dan juga prosedur administrasi supaya informasi bisa diperoleh secara tepat dan juga akurat.
Bagaimana Penerapan yang Tepat Sesuai Dasar Hukum SIMRS?
SIMRS merupakan solusi untuk rumah sakit yang berguna untuk transformasi digital. Cara kerja SIMRS sendiri telah diatur didalam dasar hukum SIMRS yang tertuang didalam Permenkes RI No. 82 tahun 2013 terkait dengan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Didalam regulasi SIMRS tersebut dinyatakan jika setiap rumah sakit wajib untuk menyelenggarakan SIMRS. Tapi sayangnya rumah sakit dinilai tidak mempunyai pengelolaan IT yang komperhensif, sehingga hal tersebutlah yang kemudian menjadi kendala penerapan ataupun pengembangan dari SIMRS itu sendiri.
Pengembangan SIMRS yang dilakukan rumah sakit secara internal tentu memerlukan waktu dan juga resource yang cukup banyak. Oleh sebab itu, semua struktur organisasi dari SIMRS harus melakukan tugas dan tanggung jawab dengan baik, termasuk Kepala Instalasi IT/SIM RS.
Tugas Kepala Instalasi IT/SIM RS
Tugas kepala instalasi IT/SIM RS yang mengatur cara kerja SIMRS adalah sebagai berikut:
- Memimpin dan juga mengarahkan Instalasi IT/SIM RS untuk bisa mencapai visi, misi, dan juga tujuan organisasi
- Menyusun beberapa hal berikut:
- Rencana program serta kegiatan jangka panjang dan juga jangka pendek Instalasi IT.
- Rencana pengembangan pelayanan dan juga mutu Instalasi IT
- Rencana pengelolaan (perencanaan, pemanfaatan,pemeliharaan dan juga perbaikan% peralatan dan juga fasilitas di Instalasi IT).
- Standar prosedur kerja dan juga prosedur tetap, standar etik, standar pemanfaatan peralatan serta fasilitas gedung rawat jalan, standar pengelolaan administrasi dan keuangan, dan juga standar evakuasi darurat dan rencana alam di Instalasi IT.
- Standar penilaian kinerja karyawan dan juga sistem remunerasi pelayanan IT.
- Rencana pengelolaan SDM (pembinaan,perencanaan, dan juga pengembangan) di Instalasi IT.
- Laporan program serta kegiatan Instalasi IT/SIM RS
- Rencana pengelolaan keuangan didalam kegiatan Instalasi IT/SIM RS.
Baca Juga: Sudah Tahukah Anda Apa Saja Tugas Struktur Organisasi SIMRS
- Melaksanakan, mengawasi dan juga mengendalikan:
- Pengembangan pelayanan serta fasilitas Instalasi IT/SIM RS di RS.
- Program serta kegiatan jangka panjang dan juga jangka pendek pelayanan IT/SIM RS di RS.
- Kebijakan dari operasional Instalasi IT/SIM RS di RS.
- Pengelolaan SDM (perencanaan, pembinaan, dan juga pengembangan di Instalasi IT/SIM RS.
- Pengelolaan (perencanaan, pemanfaatan, inventarisasi, pemeliharaan, perbaikan, pengendalian, dan juga penghapusan peralatan dan fasilitas di Instalasi IT/SIM RS.
- Standar prosedur kerja, standar penggunaan pemeliharaan peralatan dan juga fasilitas,administrasi, prosedur tetap, serta pengelolaan keuangan di Instalasi IT/SIM RS.
- Pengelolaan keuangan Instalasi IT/SIM RS.
- Standar penilaian kinerja karyawan dan juga sistem remunerasi pelayanan IT/SIM RS.
- Melaksanakan koordinasi:
- Kegiatan pelayanan IT/SIM RS di RS.
- Kegiatan rutin ataupun pengembangan Instalasi IT/SIM RS dengan unit kerja terkait, baik teratas internal ataupun eksternal RS.
- Melaksanakan pengendalian, dan juga evaluasi kinerja Instalasi terkait dengan penjaminan mutu pelayanan IT/SIM RS, dan juga implementasi hospital safety rumah sakit.
- Melaksanakan tugas lain yang telah diberikan oleh direksi Rumah Sakit
PT Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit serta klinik yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan penerapan cara kerja SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman. Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:
- Berbasis Web
- Sistem Notifikasi User
- E-mail System
- Radiologi
- Laboratorium
- Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
- ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
- Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
- Laporan RL
- Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
- Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
- PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
- E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
- Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan
Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit dan Klinik!