Bridging Vclaim BPJS
Bridging System BPJS Kesehatan adalah fasilitas yang disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk sistem pelayanan kesehatan (rumah sakit, klinik, dan puskesmas) agar dapat melakukan dua proses pelayanan dengan waktu bersamaan tanpa ada intervensi satu sistem dengan sistem lainnya secara langsung. Hubungan kedua sistem tersebut dikelola dengan web service atau API (Application Programming Interface) yang akan membatasi akses ke masing-masing sistem sehingga keamanan data tetap terjaga.
Selain itu juga bertujuan untuk memudahkan user dalam melakukan proses verifikasi dan registrasi pasien BPJS, sehingga kedua proses tersebut dapat dilakukan dalam satu proses registrasi. Berbeda dengan fasilitas kesehatan (rumah sakit, klinik, dan puskesmas) yang tidak melakukan bridging system BPJS Kesehatan, maka user akan melakukan dua kali proses verifikasi kepesertaan, dan registrasi.
Salah satu aplikasi BPJS yang dapat diintegtrasikan adalah aplikasi Vclaim. Dimana ada banyak menu yang ada di aplikasi
Apa itu Vclaim ?
BPJS Kesehatan meluncurkan applikasi vclaim untuk mengelola surat eligibilitas peserta (SEP) untuk memudahkan peserta yaitu pasien memperoleh pelayanan kesehatan. Dalam Pengelolaan Rumah Sakit, setiap rumah sakit yang bekerja sama dengan dengan BPJS wajib untuk membuat SEP tersebut melalui applikasi vclaim. Beberapa pengelolaan data yang ada diVclaim BPJS adalah penerbitan SEP, Surat Kontrol, Surat Perintah Rawat, Rujukan Antar RS.
Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit
Dalam pengelolaan rumah sakit, sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) menjadi kebutuhan utama dalam menunjang pelayanan rumah sakit. Dalam SIMRS terdapat data-data pasien diantaranya adalah identitas pasien, histori rekam medis, billing dan data-data penting lainnya yang berhubungan dengan pasien tersebut.
Kendala pelayanan kesehatan BPJS dalam Rumah Sakit
Kondisi diatas bisa diartikan ada 2 applikasi yang harus diinput oleh petugas medis rumah sakit. Diantaranya yaitu Vclaim BPJS dan SIMRS. Apa saja diantaranya :
- Waktu
Dalam penginputan 2 sistem vclaim dan simrs, membutuhkan waktu lebih. Petugas rumah sakit membuka 2 applikasi sekaligus, sudah pasti lebih lama. Pasienpun pasti akan menunggu lebih lama untuk diterbitkannya SEP pada pendaftaran.
- Kinerja
Menginput 2 sistem dengan data yang sama itu sebuah pekerjaan berulang untuk petugas rumah sakit, sehingga membuat petugas menjadi lebih repot.
Bridging Vclaim BPJS
Bridging vclaim ini adalah sebuah layanan berupa API (Application Programming Interface) yang disediakan oleh BPJS dengan tujuan mempersingkat waktu pendataan sehingga meningkatkan layanan rumah sakit khususnya pasien peserta BPJS.
Dengan bridging ini petugas rumah sakit tidak perlu membuka 2 sistem dan menginput di keduanya. Petugas rumah sakit hanya melakukan input data pada SIMRS ICHA. Kemudian dibelakang layar SIMRS ICHA melakukan input data otomatis ke Vclaim.
Baca Juga : Fitur Bridging E-Klaim INA-CBGs pada SIMRS ICHA
Apa saja yang diakomodir dengan Bridging Vclaim dan SIMRS ICHA ?
Dengan adanya bridging Vclaim petugas rumah sakit dapat melakukan pelayanannya jauh lebih singkat, mengurangi human error, sehingga pelayanan rumah sakit untuk peserta BPJS menjadi lebih efisien. Berikut ini beberapa hal yang diakomodir dari bridging vclaim dan simrs icha :
- Penerbitan SEP
Dalam pendaftaran kunjungan pada SIMRS ICHA terdapat fitur penerbitan SEP dalam satu form input, petugas rumah sakit cukup buka satu menu kunjungan SIMRS ICHA untuk mendaftarkan kunjungan dan penerbitan SEP. Pada saat tombol simpan ditekan SIMRS ICHA akan menginput data kedalam database internal ICHA dan secara bersamaan melakukan input penerbitan SEP pada applikasi Vclaim:

Didalam Form ini juga terdapat data-data dasar peserta BPJS, histori medis:

- Surat Kontrol
Didalam form registrasi kunjungan SIMRS ICHA petugas rumah sakit dapat membuat surat kontrol. Bridging dengan surat kontrol BPJS tidak hanya tersedia didalam form ini saja tapi juga terintegrasi dibeberapa form lainnya pada modul lainnya dalam SIMRS ICHA. Bisa dibayangkan akan seberapa efisien rumah sakit dalam melakukan pelayanan kesehatannya kepada pasien.

- Surat Perintah Rawat
Fitur ini tidak luput juga diintegrasikan dengan SIMRS ICHA

- Rujukan Antar RS
Tanpa buka dua applikasi petugas bisa langsung menginput data rujukan antar rumah sakit pada SIMRS ICHA dan Vclaim

- FRISTA
Ini dia yang terakhir, FRISTA. Fitur face reconition yang baru baru ini diluncurkan dan masih dalam tahap uji coba saat artike ini dibuat. “Ready to roll out”

Modul FRISTA ini juga menggunakan Fitur kamera pada SIMRS ICHA, seperti pada vidio dibawah ini:
Benefit Value Bridging Vclaim dan SIMRS ICHA
Keunggulan-keunggulan briding Vclaim dengan SIMRS ICHA bisa disimpulkan untuk meningkatkan kinerja dan mempersingkat waktu kerja, sehingga rumah sakit dalam melakukan pelayanannya dapat mencapai satu kata yaitu “EFISIENSI”