Berikut Cara Mengelola Klinik Kesehatan di Era Digital

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit – Menjalankan atau mendirikan usaha dalam bidang kesehatan tentu saja harus dilakukan dengan usaha maksimal. Salah satunya ialah dengan membuka rumah sakit atau klinik kesehatan. Dari waktu ke waktu, bisnis kesehatan dan juga pengelolaan klinik kesehatan kini terus mengalami perkembangan. Jika sebelumnya dilakukan secara manual/konvensional, maka kini sudah menggunakan sumber daya teknologi yang maju. Dan disinilah sistem informasi yang ada di rumah sakit atau klinik mulai dikembangkan.

Bahkan, proses marketing dan juga layanan yang diberikan telah terintegrasi dengan sistem, dan mempunyai berbagai teknologi menarik. Tentu saja Anda perlu mengetahui cara mengelola klinik kesehatan yang efektif di dunia digital yang dapat dijadikan sebagai peluang Anda dalam mengembangkan bisnis ini pada tahap selanjutnya.

Jika Anda mempunyai usaha atau jasa fasilitas klinik kesehatan serta semua seluk beluk aktivitasnya masih dilakukan secara manual, maka lebih baik segera lakukan perubahan. Anda harus memanfaatkan teknologi yang bisa memudahkan semua pekerjaan dan juga mendatangkan banyak pasien. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi berisi sistem informasi yang ada di rumah sakit atau dengan berbagai ide lainnya.

Jika ingin mendirikan klinik kesehatan, terdapat beberapa tips ataupun cara yang bisa Anda lakukan, diantaranya:

1. Membuat Platform Khusus yang Mudah untuk Diakses

Anda bisa membuat platform pada bidang kesehatan yang mudah untuk diakses oleh siapa saja dalam sekali waktu. Ini menjadi salah satu langkah terbaik dalam mengembangkan bisnis di dunia kesehatan. Misalnya, Anda bisa membuat semacam aplikasi untuk klinik. Pasien atau calon pasien dapat memasang aplikasi / menggunakan software dari ponsel untuk bisa melihat apa saja layanan kesehatan yang tersedia serta dokter yang menangani di sana. Yang juga bisa digunakan untuk mencari tahu hal apa saja yang dapat memenuhi kebutuhan kesehatan mereka.

Platform atau aplikasi tersebut juga bisa berguna untuk dokter sebab mereka dapat membuat dan juga mengubah jadwalnya, mengetahui ada tidaknya jadwal untuk melakukan konsultasi, sampai dengan memajang portofolionya. Jadi, semua orang bisa memperoleh manfaat serta terhubung dalam platform yang seamless. Ini tentu saja bisa meningkatkan kualitas bisnis dari klinik kesehatan Anda, dan juga bisa membantu mengurangi beban kerja para karyawan serta membuat pasien semakin mudah untuk memperoleh pelayanan kesehatan.

2. Pesan Konsultasi Secara Online

Platform, software, maupun program yang telah dibuat nantinya akan digunakan untuk membuka jadwal konsultasi yang bisa dilakukan secara online. Misal dokter B melayani konsultasi pada pukul 11.00-15.00. Selama itu terdapat beberapa slot untuk berkonsultasi yang dapat dipesan oleh calon pasien. Oleh sebab itu, ketika datang ke klinik, mereka dapat dengan segera dilayani, tanpa perlu antri. Tentu hal ini bisa memberikan keuntungan untuk pasien dan juga dokter.

Baca Juga: Bagaimana Regulasi Pengaplikasian Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit di Indonesia?

3. Layanan Telehealth

Sistem pemesanan yang dilakukan secara online ini juga memberikan manfaat untuk dokter yang sedang praktik. Mereka bisa mengetahui berapa pasien yang akan ditangani dalam satu hari sehingga dokter dapat melakukan persiapan yang diperlukan dengan baik. Cara ini juga bisa menghindari penumpukan pasien yang ingin memperoleh pelayanan kesehatan dalam sekali waktu dan juga membuat waktu berkonsultasi dengan dokter bisa berjalan dengan baik.

4. Membuat Website dan Dioptimasi

Membuat website yang juga terintegrasi dengan aplikasi maupun platform yang sudah dibuat juga bisa dijadikan sebagai langkah yang tepat. Website ini bisa dioptimasi dengan baik dengan cara SEO dan juga SEM sebagai bentuk pemasaran yang dilakukan secara online. Anda dapat memilih sendiri mana yang akan digunakan supaya saat dicari di Google, posisinya ada di halaman pertama serta ada di bagian paling atas.

PT Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa sistem informasi yang ada di rumah sakit serta aplikasinya untuk rumah sakit serta klinik yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman. Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:

  1. Berbasis Web
  2. Sistem Notifikasi User
  3. E-mail System
  4. Radiologi
  5. Laboratorium
  6. Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
  7. ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
  8. Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
  9. Laporan RL
  10. Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
  11. Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
  12. PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications Ni Medicine) – DCM4CHEE
  13. E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
  14. Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan

Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit dan Klinik.