Sistem Manajemen Rumah Sakit – Seiring berkembangnya teknologi yang semakin pesat, hampir semua aspek dibuat untuk menciptakan suasana super instan. Tujuannya tentu saja bisa mempermudah segala pekerjaan, serta mempercepat transaksi pada kebutuhan yang diinginkan.
Salah satu dampak dari inovasi teknologi yang terjadi pada dunia kefarmasian ialah Apotek Online. Lantas apa itu apotek online?
Apotek Online merupakan salah satu inovasi yang sangat baru didalam dunia kefarmasian yang akan mempermudah pasien dalam membeli obat yang diinginkan sesuai resep dokter yang telah diberikan.
Anda dapat membeli beragam jenis obat-obatan yang dibutuhkan, mulai dari obat rutin, obat batuk, sampai dengan jenis produk kesehatan lainnya seperti masker, alat tes gula darah atau alat cek kolesterol, vitamin serta suplemen, bahkan juga produk perawatan kulit.
Sama halnya dengan membeli produk lainnya di marketplace, Anda juga bisa mengakses apotek online di mana dan kapan saja untuk mendapatkan obat-obatan serta produk kesehatan yang dibutuhkan. Umumnya, transaksi pembayaran bisa dilakukan melalui berbagai metode pembayaran. Termasuk transfer rekening ataupun melalui dompet digital yang telah disediakan oleh situs apotik online tersebut.
Kelebihan Apotek Online Dibandingkan Apotek Konvensional
Di Indonesia, keberadaan apotek online memang dapat dikatakan mengalami peningkatan terlebih semenjak masa pandemi terutama di kota-kota besar. Hal ini disebabkan karena apotek online bisa memberikan lebih banyak layanan yang memudahkan konsumen di dalam membeli obat tanpa perlu keluar rumah. Bahkan ada yang memiliki layanan gratis ongkir, dan juga pesan antar obat.
Berikut kelebihan apotek online yang perlu Anda ketahui :
1. Membeli obat lebih nyaman serta praktis
Keunggulan apotek online ialah Anda bisa memesan berbagai jenis obat hanya dengan cara mengunduh aplikasi atau mengakses situs pada smartphone Anda. Disamping itu, Anda bisa dengan mudah mencari obat yang dibutuhkan tanpa harus pergi jauh ke apotek.
2. Jam buka lebih lama
Pada umumnya jam operasional apotek konvensional mulai dari jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Bahkan tidak menutup kemungkinan tutup secara tiba-tiba. Sehingga tidak jarang hal tersebut membuat pelanggan kecewa.
Baca Juga: Sistem Aplikasi RS di Bridging dengan Mobile JKN
Sementara itu, apotik online sebagian besar bisa melayani 24 jam. Cukup lakukan pemesanan, kemudian lakukan pembayaran dan obat akan diantar ke lokasi Anda. Hal tersebut tentu sangat berguna sewaktu Anda membutuhkan obat dengan tiba-tiba atau butuh cepat.
3. Beli obat dengan harga hemat
Tidak sedikit apotik online yang menawarkan obat serta produk kesehatan dengan harga bersaing dan juga biasanya ada banyak promo obat dan vitamin. Sehingga hal ini memungkinkan Anda untuk membeli seluruh produk kebutuhan kesehatan tanpa melebihi anggaran yang telah Anda persiapkan sebelumnya.
4. Kategori produk lebih lengkap
Berbeda dari toko obat konvensional, sebagian besar apotek online telah menyediakan berbagai jenis obat sesuai dengan kategori obat untuk membantu pelanggan di dalam mencari produk yang ingin dicari. Bukan hanya obat, beberapa situs juga bahkan ada yang menyediakan produk skincare, perawatan rambut, sampai dengan produk ibu dan anak.
5. Mudah memahami detail produk
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk, lebih baik Anda membaca detail produk supaya tidak keliru. Kelebihan apotek online salah satunya ialah Anda bisa lebih mudah membaca detail dan juga deskripsi produk secara lengkap (termasuk tanggal kedaluwarsa dan juga izin edar BPOM), Andapun dapat lebih teliti menentukan produk mana yang akan dibeli.
PT. Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman.
Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:
- Berbasis Web
- Sistem Notifikasi User
- E-mail System
- Radiologi
- Laboratorium
- Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
- ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
- Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
- Laporan RL
- Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
- Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
- PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
- E-Resep yang terintegrasi dengan systemantrian apotek / farmasi
- Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan
Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit. Tidak hanya anggota Rumah Sakit, tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit.
Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit dan Klinik !