Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit – Sebuah kegiatan yang terstruktur dan berkaitan dengan proses pengelolaan, pengumpulan data, analisis, penyajian, serta pengambilan keputusan, oleh Rumah Sakit merupakan definisi dari Sistem Informasi Rumah Sakit atau yang biasa disebut dengan SIRS. Sistem Informasi Rumah Sakit ini merupakan sebuah tatanan yang berkaitan dengan pengumpulan data penyajian informasi pengelolaan data, analisis dan penyimpulan informasi, serta penyampaian informasi yang diperlukan untuk aktivitas rumah sakit. Sementara itu, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit atau yang biasa dikenal sebagai SIMRS merupakan sistem informasi yang dirancang,
Agar bisa membantu kinerja manajemen rumah sakit serta perencanaan program kesehatan yang dilaksanakan, mulai dari pengumpulan data sampai penyajian data, yang semakin mudah dipahami oleh berbagai pihak atau departemen yang terlibat. Berdasar dari 2 definisi tersebut maka bisa dibedakan antara pengertian SIRS dan SIMRS, yang mana kedua hal tersebut bisa dilihat perbedaannya dari penerapan proses bisnis yang lebih luas. Sistem Informasi Rumah Sakit berkaitan dengan bidang-bidang yang lebih luas lagi, juga berhubungan dengan pemanfaatan teknologi sistem informasi untuk beberapa proses keperluan rumah sakit.
Sedangkan, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit pada umumnya, diterapkan di berbagai objek bisnis yang lebih spesifik dari hal tersebut, yang bertujuan untuk mencapai target implementasi. SIRS diciptakan untuk mendorong manajemen masyarakat sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali.Pemanfaatan sebuah Sistem Informasi Rumah Sakit bukan hanya supaya Rumah Sakit terlihat lebih modern, tetapi juga dengan tujuan untuk meningkatkan mutu pelayanannya kepada masyarakat.
Apakah Sistem Informasi Penting untuk Saat ini?
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa sistem rumah sakit yang telah terstruktur maupun terorganisasi akan meningkatkan kinerja dan mutu dari sebuah pelayanan. Misalnya setiap rumah sakit pastinya memiliki begitu banyak pasien yang ingin berobat, jika tidak ada sebuah sistem yang mengaturnya tentu saja akan sangat kewalahan.
Supaya bisa memenuhi tuntutan Pelayanan seperti ini, diperlukan sebuah sistem yang bisa mendukung dan mendorong kinerja rumah sakit. Sistem informasi terbagi berdasarkan fungsinya, yaitu Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) dan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS). Kedua sistem ini saling berhubungan atau berkaitan dan melengkapi satu sama lain.
Apa Saja Peran SIRS?
Menghindari data medis yang dicatat berulang-ulang
Agar tidak ada duplikasi data yang berujung pada membengkaknya kapasitas penyimpanan data sebuah rumah sakit. Sehingga bisa mengganggu layanan yang menjadi lebih lambat karena adanya tumpukan berkas, maka dibutuhkan sistem yang mengaturnya.
Baca Juga: Pengaplikasian Inovasi Baru FRISTA (Face Recognition Integrated System in Hospital) pada SIMRS
Kerja praktis
Apabila memanfaatkan sistem manual dapat dipastikan data pasien juga harus dimasukkan pada setiap unit secara manual. Penyimpanan yang tidak terintegrasi bisa mengakibatkan data menjadi tidak sinkron sebab setiap keperluan instalasi atau unit berbeda-beda.
Meminimalisir terjadinya human error
Menutup kemungkinan manusia bisa merasa lelah dan berakibat menurunkan kinerjanya. Hal seperti ini sangat mungkin terjadi saat pengolahan data dilakukan dengan cara manual. Input data yang tidak akurat pasti akan menyulitkan proses pengolahan data. Sehingga, dengan adanya SIRS online ini meninggalkan terjadinya human error.
Pelayanan yang semakin akurat dan cepat
Pasien atau klien tidak perlu menunggu lama lagi untuk menyelesaikan keperluan administrasinya, baik untuk rawat jalan maupun rawat inap. Karena berbagai data yang diperlukan tidak butuh memakan waktu yang banyak dan relatif lebih singkat.
PT Adwa Info Mandiri merupakan penyedia jasa Sistem Informasi serta aplikasinya untuk rumah sakit serta klinik yang ada di seluruh wilayah Indonesia dengan nama ICHA (Indonesian Clinic and Hospital Asset). Dengan SIMRS ICHA, pelayanan kesehatan jauh lebih mudah dan nyaman. Berikut adalah fitur unggulan dari Sistem Informasi Manajemen RS ICHA:
- Berbasis Web
- Sistem Notifikasi User
- E-mail System
- Radiologi
- Laboratorium
- Sistem pendaftaran pasien baru berbentuk KIOS yang terintegrasi langsung dengan antrian
- ICHA mendukung integrasi dengan system BPJS Kesehatan (SEP-Surat Eligibilitas Peserta)
- Mendukung integrasi penetapan tarif dan tagihan dengan aplikasi Bina Upaya Kesehatan
- Laporan RL
- Integrasi dengan interfacing alat laboratorium
- Sistem antrian yang berupa film dan bisa digunakan sebagai media iklan ataupun promosi
- PACS (Picture Archiving and Communication System) for DICOM (Digital Imaging and Communications in Medicine) – DCM4CHEE
- E-Resep yang terintegrasi dengan system antrian apotek / farmasi
- Pencatatan jasa layanan dengan multi tarif, berdasarkan penjamin, kelas perawatan
Demikian banyaknya fitur yang disajikan oleh SIMRS (Sistem Manajemen Rumah Sakit) ICHA pastinya akan sangat membantu siapapun yang bekerja di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Tidak hanya anggota Rumah Sakit tetapi juga dapat memudahkan pasien yang akan berobat di Rumah Sakit dan Klinik Anda. Hubungi kami sekarang juga untuk mendapatkan sistem manajemen Rumah Sakit yang memudahkan Anda mengelola Rumah Sakit dan Klinik!